Selasa, 27 Desember 2011

DPD RI : bukan sekedar kata!


                Seperti yang kita ketahui, DPD RI merupakan lembaga baru yang dibentuk atas dasar tujuan untuk menyalurkan, mengolah, ,mengembangkan, dan mewujudkan aspirasi daerah to be real ! Sepertinya sepele, tujuan-tujuan seperti itu sudah tak asing lagi di telinga kita.Hanya sebuah permainan kata yang sengaja disusun untuk sekedar ‘memperindah’ definisi fungsi terbentuknya DPD RI.
Dan hal tersebutlah yang tiba-tiba menghijaukan lampu di pikiran saya.Saya memang masih berstatus sebagai siswa yang baru 6 bulan yang lalu menduduki bangku SMA.SMA, yah! Sebuah frase kehidupan remaja yang katanya paling berwarna dengan segala tuntutan zaman anak muda.Masa paling riskan untuk belajar sebuah kedewasaan dalam lingkungan pergaulan.Dan saya berfikir, saya tidak akan menjadi seorang manusia yang berhasil untuk diri saya dan lingkungan saya jika saya hanya mengalir begitu saja, dan saya hanyalah sebuah benda ‘memperindah dunia’ tanpa menghasilkan sesuatu yang berharga.Saya ingin memberikan bukti konkrit kalau saya bisa mengubah dunia dengan kedua kaki yang menopang tubuh saya, dengan kedua tangan yang dapat mengggenggam erat mimpi-mimpi saya, dan akal yang senantiasa meyakinkan diri saya kalau saya bisa! Dan inilah saya, pelajar kelas satu SMA yang memiliki obsesi besar untuk mengubah dunia melalui mimpi-mimpi saya sebagai seorang anggota DPD RI!
Saya mungkin tak banyak memiliki impian muluk, tapi yang perlu difokuskan ketika saya terpilih menjadi salah satu anggota RI adalah saya banyak belajar untuk mengerti untuk apa saya disini sebagai DPD RI? Dan sudah pasti jawabannya adalah untuk menyejahterakan masyarakat dengan menyalurkan aspirasi mereka.Sekali lagi itu hanyalah rangkaian alphabet yang tak bermakna tanpa tindakan yang seharusnya dilakukan.Dan tugas pertama saya adalah fokus dengan kata ‘aspirasi’.saya akan melakukan berbagai hal yang sekiranya dapat secara maksimal menampung aspirasi masyarakat.Melalui media seperti adanya rubrik suara rakyat di media cetak, lalu mungkin melalui radio dan televisi dengan mengadakan acara khusus penyaluran suara rakyat.Atau kita juga bisa memanfaatkan teknologi seperti jejaring-jejaring sosial yang sekiranya lebih mudah terjangkau masyarakat luas.Dan secara berkala, saya akan mengadakan program suara rakyat yang secara langsung ke masyarakat, dan dengan cara itu kita bisa lebih tau apa dan bagaimana suara-suara masyarakat Indonesia.
Lalu setelah menampung dan menyalurkan apirasi mereka, saya akan berusaha semaksimal mungkin dengan rekan-rekan saya untuk membuahkan buah aspirasi mereka.Dari sesuatu yang kecil seperti kebijakan usaha mikro di pasar-pasar sampai kebijakan yang menyangkut masalah kenegaraan yang besar dan hal yang perlu digaristebalkan adalah saya disini sebagai bertugas untuk menyalurkan aspirasi dan membuatnya menjadi sebuah hal nyata.Sesulit, serumit, dan se se lainnya tak akan menyurutkan semangat saya untuk terus memaksimalkan diri saya dalam mengemban tugas.Saya akan bersikap ‘bersih’ dan tidak akan sedikitpun membiarkan ‘kotoran-kotoran’ barang sekedar mampir dalam tugas saya.
                Dan pada intinya, saya akan menjadi DPD RI yang secara maksimal mengemban tugas saya dengan mengedepankan sikap ‘bersih’ dan menjalankannya sesuai tanggungjawab saya sebagai seorang pribadi Indonesia.

2 komentar:

  1. Memang cukup Penting anggota DPD RI seharusnya mengedepankan sikap ‘bersih’ dan menjalankannya sesuai tanggungjawab sebagai seorang pribadi Indonesia.Kejujuran dan tidak menyalahkan gunakan wewenang agar tidak terlibat dalam praktek korupsi uang rakyat!!!

    BalasHapus

 
catatanku-amelia Blogger Template by Ipietoon Blogger Template